Peran Penting Oli Samping Pada Motor 2-Tak

Mesin 2-tak (2-stroke), masih menjadi primadona bagi pecinta motor di Indonesia. Meski saat ini sudah banyak mesin-mesin baru seperti matik atau mesin injeksi yang lebih modern, rasanya sulit untuk menghilangkan sensasi berkendara dengan motor 2-tak. Tentunya, ada hal yang membedakan antara motor 2-tak dengan mesin lainnya, salah satunya adalah penggunaan oli samping. Sebagai salah satu produsen oli samping terbaik di Indonesia, Idemitsu mendukung penuh para pengguna mesin 2-tak dengan varian pelumas mereka.

Peran Penting Oli Samping Pada Motor 2-Tak

Di era 90-an, motor 2-tak dikenal sebagai rajanya mesin pacu. Ciri khas proses dua langkah piston dalam satu siklus pembakaran membuat mesin 2-tak terbilang lebih responsif jika dibandingkan dengan mesin motor 4-tak yang membutuhkan empat langkah piston pada setiap siklus pembakarannya. Hal ini disebabkan oleh struktur mesin yang lebih sederhana sehingga bobot motor menjadi lebih ringan untuk berakselerasi. Ditambah lagi, cara kerja mesin yang sederhana membuat mesin dapat mengeluarkan tenaga yang lebih besar.

Meski peredaran motor 2-tak sudah dilarang, saat ini masih banyak pecinta motor yang mencari dan merestorasi motor 2-tak idaman mereka. Ada dua faktor yang membuat motor 2-tak dianggap tidak layak beroperasi. Pertama, dikarenakan mesin 2-tak tidak memenuhi standar emisi yang sudah ditetapkan pemerintah, kedua karena motor 2-tak mengeluarkan suara bising dan sering kali mengeluarkan asap.

Selain kerena masalah asap dan suara bising, ada beberapa kendala yang biasa Anda temui ketika menggunakan motor 2-tak. Melansir dari otomotifo.com, konsumsi bahan bakar motor 2-tak terbilang lebih boros jika dibandingkan dengan motor 4-tak. Hal ini dikarenakan sistem pembakarannya yang lebih cepat sehingga asupan bahan bakar lebih besar. Selain itu, rata-rata mesin 2-tak lebih mudah cepat panas, khususnya ketika RPM tinggi sering membuat mesin over heat hingga macet.

Berbicara soal motor 2-tak maka erat kaitannya dengan oli samping. Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu perbedaan motor 2-tak dan 4-tak yang paling terlihat adalah pada sistem pembakarannya. Motor 2-tak seringkali mengeluarkan asap adalah karena penggunaan oli samping yang dicampur. Pada dasarnya, oli samping memiliki cara kerja yang sama dengan oli mesin, namun memiliki peran yang berbeda. Melansir dari gridoto.com, oli samping untuk motor 2-tak berfungsi untuk melumasi ruang pembakaran yaitu silinder dan kepala silinder. Oleh sebab itu, cara menggunakan oli samping adalah dengan memasukan pelumas ke dalam tangki bensin.

                Performa mesin juga sangat dipengaruhi oleh kualitas oli samping. Salah menggunakan oli samping dapat menyebabkan penumpukan kerak karbon pada piston yang mengakibatkan tarikan motor terasa berat. Jika sudah begitu, biasanya mesin juga akan mengeluarkan suara yang lebih kasar dan aroma asap menjadi sangit.

Menanggapi beberapa kendala dan permasalahan di atas, Idemitsu menghadirkan pelumas khusus untuk para pengguna motor 2-tak. Pelumas Idemitsu 2T FC S-S, merupakan oli premium yang diperuntukan untuk mesin 2-tak. Formula pada oli ini dirancang untuk mengatasi permasalah seperti penumpukan kotoran, kemacetan pada mesin, mesin cepat panas dan mencegah penyumbatan. Selain itu, Idemitsu 2T FC S-S juga mengklaim dapat meningkatkan performa mesin tanpa harus mengeluarkan asap dan bau tidak sedap. Hal ini tentunya menjadi sebuah kabar baik untuk pengguna motor 2-tak yang masih insecure dengan suara dan asap knalpot.

Semoga bermanfaat!